Friends

Sabtu, 11 Desember 2010

Instalasi linux di laptop axioo

Berkali-kali saya nyoba untuk instalasi linux di laptop axioo pinjaman dari kantor saya, hasilnya gagal maning gagal maning soonn (tongue) dari mulai nyoba distro satu ke distro yang lainnya, hasilnya pun sama, gagal lagi! (duh) Saya pun ngga menyerah sampe sini, pada waktu kopdar pun saya gunakan untuk bertanya kepada yang lebih ahli, alhamdulillah mendapatkan sedikit pencerahan, beliau pernah punya pengalaman berhasil instalasi linux di laptop axioo, plooong banget rasanya waktu denger kalimat pertama, akan tetapi ada “tapi”nya yaitu menggunakan dvd recovery bawaan laptop axioo, yup linux bawaan axio berdistro Mandriva yang udah di modifikasi dan beliau pun menyarankan kepada saya kalau ingin install linux di axioo ya bisa pake dvd bawaan axioo itu, wadoh bingung aq (bingung) lha masalahnya dvd bawaannya pun saya ga punya, saya cari dan tanya sama si bos ga ada (hammer) piye iki jal(doh)
Saya sampe putus asa karena harus melakukan instalasi linux di laptop axioo berulangkali dengan berbagai macam distro dan hasilnya selalu GAGAL dengan sukses! hore… (party) (lol) sampe akhirnya saya pun diajak bergabung ke slovewithit oleh mas Andy, nah dari sini akhirnya saya menemukan postingan yang membahas tentang instalasi linux di laptop axioo yang ditulis oleh babeh, terima kasih ya, berkat panjenengan akhirnya saya berhasil men-linux-kan axioo pinjaman dari kantor saya (salaman)
Laptop axioo yang saya gunakan untuk instalasi linux kali ini adalah Axioo TVW 8162, processor Core2Duo T5550 1.83GHz, 1 GB RAM dengan chipset SiS M672 dan VGA SiS 671. Berikut ini beberapa trik supaya axioo bisa bermain linux, untuk mencoba linux di axioo saya memakai linux sejuta umat, ubuntu (lol) ternyata solusi install linux di axioo adalah dengan menonaktifkan fungsi acpi “acpi=off noapic“.
Berikut langkah-langkah untuk mengatasi masalah instalasi linux axioo :

  1. Booting linux anda, monggoh… bisa melalui flashdisk atau dari CDROM
  2. Pilih bahasa yang akan menjadi bahasa default sistem Anda
    Pilih bahasa dalam instalasi linux
  3. Tekan tombol F6 untuk merubah option booting, dan beri tanda pada pilihan acpi=off dan noapic
    install linux di axioo acpi=off noapic
  4. Setelah memilih dua option diatas (acpi=off noapic), lakukan instalasi linux dengan memilih “install ubuntu”
Langkah selanjutnya ya tinggal instalasi linux seperti biasanya, Anda bisa menggunakan linux ubuntu 8.04 atau ubuntu 9.04. Kalau pengalaman saya (bisa jadi beda komputer beda juga lho solusinya), proses instalasi berjalan lancar, saya tidak menemukan permasalahan yang berarti, setelah proses instalasi linux axioo selesai, Anda akan secara otomatis masuk ke GUI ubuntu, akan tetapi betapa terkejutnya saya mendapati tampilan layar laptop axioo menjadi super besar yaitu resolusi 640×480, lha kok ngene ? (doh) tapi tenang sodara-sodara, bisa diperbaiki kok, tenang aja… solusi untuk mengatasi permasalahan tampilan seperti itu ya tinggal install aja drivernya.
Laptop axioo TVW 8162 menggunakan VGA SiS 672, silahkan download aja driver VGA SiS 672 untuk ubuntu disini. Setelah proses download selesai, ekstrak aja, nah hasil ekstrak berupa file bereksuensi *.deb (file instalasi untuk keluarga debian dan turunannya, termasuk ubuntu). Lakukan instalasi dengan cara mengeksekusi secara langsung file tersebut, dobel klik aja, dan ikuti langkah-langkahnya, next atau forward sampe selesai :p nah setelah selesai restartlah linux di laptop axioo Anda, coba deh lihat gimana hasilnya? kalo ditempat saya berhasil, Alhamdulillah resolusi layar sudah normal lagi 1280×800 yeah! (banana_cool)
Terus gimana dengan hardware yang lain? ngga ada masalah juga tuh… (lol) semua berjalan dengan baik, sound OK walopun suara yang dihasilkan sedikit lebih kecil daripada punyaan jendela, wireless OK, LAN OK, modem belum dicoba jadi ngga tau (ngomong aja bal ga punya line telephone! (hammer) ), tampilan layar (resolusi) dah OK… kan udah diinstal drivernya (shy) , cuman untuk indikator battery ga bisa muncul, jadi harus bisa kira-kira sendiri ya… hal ini terjadi mungkin karena efek dari dinonaktifkannya fitur acpi pada awal waktu instalasi linux axioo.
OK deh… segini dulu share pengalamanku waktu melakukan instalasi linux di axioo dan berbagai masalah yang muncul, tenang saja… ada solusinya tho? (tongue) tapi berlu diingat, bisa jadi solusi masalah instalasi linux di laptop axioo yang saya sajikan disini berbeda antara laptop satu dengan yang lain, user satu dengan yang lain, akan tetapi bukankah masih banyak jalan untuk menuju keberhasilan? yang penting jangan menyerah aja deh… terus belajar dan oprek-oprek, bila ada pertanyaan untuk didiskusikan silahkan menggunakan form komentar dibawah ini… (salaman)

0 komentar:

Posting Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###