Friends

Selasa, 14 Desember 2010

CD Rom Drive Tidak Dapat Diakses Setelah Uninstall Program

Kemarin saya iseng-iseng bersihkan Windows dari program-program yang nggak jelas. Seperti biasa lah, kalau internet online terus pasti gatal pingin coba-coba software.  Setelah program yang ‘nggak penting’ saya buang, terus saya bersihkan sistem dari file-file sampah. Hasilnya free space harddisk lumayan meningkat banyak.
Tapi setelah restart saya mendapati DVD RW saya nggak bisa diakses. Dalam artian di Windows Explorer nggak muncul drive DVD RW tersebut.
Red Mere......

Saya coba restart kembali lalu melihat di POST BIOS apakah DVD RW-nya terdeteksi. Ternyata masih terdeteksi. Namun kembali di Windows optical drive tersebut tidak terdeteksi. Di Device Manager ternyata terdeteksi driver untuk optical drive tersebut tidak dapat di-load atau corrupt.
Langkah pertama untuk memulihkan DVD RW saya tersebut tentu saja membuang device dari Device Manager lalu rescan kembali untuk memuat ulang driver. Namun hal ini juga tidak berhasil.
Akhirnya saya berkonsultasi dengan mbah Google dan menghasilkan pemecahan masalah dari Microsoft Technical Support. Ternyata hanya beberapa langkah untuk menyembuhkan penyakit komputer seperti diatas menggunakan Registry Editor. Dengan kata lain kita akan mengutak-atik registry Windows.
Perhatian : Mengutak-atik registry dibutuhkan ketelitian tinggi. Salah sedikit bisa fatal akibatnya. Windows anda bisa jadi tidak akan bisa di-load. Oleh karena itu back up dulu registry anda!

- Sebelum masuk registry editor dianjurkan untuk meng-uninstall dulu program CD recording atau CD writing anda.

1. Klik Start-Run-ketikkan REGEDIT-enter
2. Expand My Computer, lalu expand lagi HKEY_LOCAL_MACHINE
3. Expand SYSTEM, lalu expand lagi CurrentControlSet
4. Expand Control, lalu expand lagi Class
5. Dibawah Class, klik {4D36E965-E325-11CE-BFC1-08002BE10318}
6. Di jendela sebelah kanan klik UpperFilters lalu hapus entri UpperFilters tersebut (Delete atau menu Edit-Delete)
7. Masih di jendela sebelah kanan hapus juga entri LowerFilters
8. keluar dari Registry Editor lalu restart komputer.
Catatan : 
Entri UpperFilters.bak dan Lowerfilters.bak jangan dihapus!

regedit
regedit
Gambar diatas menunjukan entri UpperFilters dan LowerFilters sudah dihapus

0 komentar:

Posting Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###