Friends

Minggu, 19 Desember 2010

Cara Membuat Halaman Home Blogger Blogspot lebih Dinamis

Artikel Namun, artikel tersebut hanya membahas cara membuat halaman home yang sederhana. Seperti yang pernah saya katakan sebelumnya, ada beberapa cara untuk membuat halaman home di blogspot, nah berikut ini adalah yang lebih dinamis (namun pada kesempatan ini, mohon maaf saya belum menjelaskan triknya, hanya mencoba memberi pemahaman. Saya tidak jelaskan trik ini secara detail karena sebenarnya dibutuhkan kasus yang lebih jelas [maklum saya juga baru belajar, hihihi]).


Teknik yang akan saya sharing ini sebenarnya bukan teknik yang baru, hanya saja penggunaanya cukup melelahkan dan dibutuhkan kesabaran serta kecermatan pada saat melakukan pengeditan. Saya merekomendasikan sahabat untuk terlebih dahulu memahami dasarnya di sini (tempat di mana saya belajar). Mengapa harus? Sebab teknik ini berbeda dengan teknik sebelumnya di mana kita hanya melakukan pengaturan pada tanggal penerbitan. Sekarang kita akan berhubungan dengan KODE yang ada pada halaman EDIT HTML. Meskipun ini agak rumit, tapi hasilnya akan lebih memuaskan tentunya.

Sebelum saya menjelaskan langkah-langkahnya, terlebih dahulu buka blog saya di sini. Di blog saya tersebut, perhatikan tampilan awal yang muncul. Di sana ada Slider (foto yang bergerak), di bawahnya ada 5 postingan terbaru, kemudian di bagian tengah ada sidebar yang kecil, kemudian paling kanan ada sidebar yang sedikit lebih lebar. Nah, coba klik salah satu postingan yang ada di sana... Tampilannya akan berubah... Slider (foto bergerak) yang tadinya besar berubah menjadi kecil kemudian posisinya bergeser dari kanan ke kiri. Selain itu, halaman postingan mejadi lebar. Pertanyaannya, di mana sidebar tengah yang kecil tadi? apakah ditutupi oleh halaman postingan yang berubah menjadi lebar? Tidak... melainkan dihilangkan... dia hanya muncul pada hamalam home saja... Jika sobat perhatikan lagi, masih ada satu gadget yang hanya muncul ketika postingan dibuka????

Seperti itulah halaman home blogger blogspot yang lebih dinamis. Karena ini sangat melelahkan, saya sendiri tidak akan mempostingnya jika tidak ada sobat yang merequest melalui kotak komentar di bawah atau melalu email :) Jika sobat benar-benar ingin mengetahui teknik ini, mohon berkomentar atau kirim ke email. Terima Kasih...

2 komentar:

Wah, artikelnya bagus sekali ya sob :D Sangat membantu, makasih ya udah di publish :)...

Posting Komentar

300Ribu Dapat Website
### ###